G.I.G.I. T.I.M.U.N

"Take time to THINK. It is the source of the power. Take time to READ. It is the foundation of wisdom. Take time to Quite. It is the opportunity to seek God. Take time to DREAM. It is the future made of. Take time to PRAY. It is the greatest power on earth" -Author Unknown-

Hari ini ada satu hal yang cukup berkesan buat saya. Apa itu?? Boleh lah kau tahu..
Tadi siang abis nonton Ceriwis, saya bergegas kerumah nenek dengan menggunakan si Bebek LEGENDA KT 4*** KB. Dgn diboncengi oleh om saya yang super laju, tanpa terasa dalam waktu 20 menit tibalah kami di dirumah nenek tercinta. Mumpung masih liburan, so saya habisin waktu di rumah nenek. coz bsok malemnya saya dah liburan di JOGJA.

sampe disana...
pintu belum juga dibuka2...
setelah di bel 5 kali, akhirnyaaa...

munculah seorang anak perempuan yang berusia genap 6 tahun pada februari mendatang, Echa namanya. dia buka kunci rumah dan menyambut saya dengan senyum manisnya. "De, si Ifa lagi ee' dia! Itunya berceceran! coba liat de di kamar" kata Echa sambil mengajak saya ke kamarnya.
dan ternyata.... olala...!
bener kata Echa, adeknya si Ifa alias Zalfa lagi mpup. itunya berceceran di lantai kamar. eleh, ga papa. namanya juga baby. eh, gak lama si Ifa datang digendong ibunya, alias tante saya.

Beberapa saat kemudian, saya lihat Echa lagi sibuk nulis-nulis di kertas. saya gak tau persisnya dia nulis apa. sambil nulis dia cerita, "DEDE (panggilan Echa ke saya), tau ga? aku ngirim surat ke temen2 ku. 1 buat temen di ngaji, trus 3 buat temen di les." "phew, hebat juga km Cha, blom masuk SD udah kirim2an surat." kataku. "iya dong DE, aku kan sudah di lajarin di les."

hmm...?? Les ?? gaya yah si ECHA. emang sih sekarang dia lagi ikut les-les gitu.
ceritanya gini...

Pas dia umur 4 tahun kemaren, Echa dimasukkin ke TK sama mamahnya. Dipilihlah TK Islam Aisyiah, supaya dia bisa bergaul secara islami dan belajar pake jilbab. abisnya dia males2an gitu kalo dikasih jilbab. Alhamdulillah perkembangannya pesat banget. kata gurunya, si Echa murid yang paling aktif di sekolah. Aktif dalam arti dia emang rajin dan pinter. bergaulnya juga gampang. akrab dengan semua gur dan teman. kata ibu dan nenek saya, "si Echa beda banget sama Dhea pas masih TK. Si Echa rajin dan gak malu2 kalo bergaul. kalo Dhea pemalunya minta ampun. trus penakut pula! Alhamdulillah sekarang pemalu ma penakutnya dah ilang. malah kadang gak tahu malu. padahal dulu TK aja semept cuti setahun!", nah loh... terus aja omongin gw. ahaha...back to ECHA.
Pas masih TK waktu itu, Echa sering cerita ke saya tentang kegiatan2nya di skolah. belajar apa aja, trus kadang nyanyi lagu2 yang dipelajarinya di depan saya. Perasaan saya biasa aja.

Gurunya bilang kalo Aisha alias Echa ini dah ga pantes kalo dijadikan satu sama anak TK. lebih baik dia dimasukkan ke SD aja, saran gurunya. karena melihat cara berikir dan pola tingkah Echa yang melebihi anak TK. Trus, pas akhir tahun ajaran kemarin, ECHA dinyatakan lulus oleh TK nya. padahal temen2 sekelasnya masih lanjut sekolah di sana. karena mereka masih TK Nol kecil. Dan setelah itu, Ibunya Echa pun mulai sibuk prepare buat masukkan ECHA ke skolah dasar. Ampe minta tolong ke tetangga yang kebetulan seorang guru buat ngemasukkin Echa ke SD pilihan mamahnya itu. Alhasil sayang banget. amng belum rejekinya. Echa terpaksa nganggur dulu dirumah selama setahun. Dia masih terlalu muda. Umurnya masih 5 tahun. belum mencapai 5,6 tahun (standar min. siswa SD yang diterima). yah gak papa deh... toh si Echa santai2 aja.
daripada gak ada kegiatan, dia di masukkan ke TPA di masjid deket rumah. biar dia bisa kenal AL Qur'an dan belajar tulisan Arab. kalo pagi2 dia juga LES pelajaran di rumah tetangga yang seorang guru. belajarnya matematika, bhs. indonesia, dan sdikit bhs. inggris plus nyanyi n' gambar. yah... Alhamdulillah...
begitulah ECHA.

tadi sore jam 4an, ba'da ashar, dia di jemput temen2nya. pake baju muslim warna orange mereka jalan sama2 ke Masjid Al HUDA buat belajar ngaji. aduh, kalo dulu mah sayahhh ngaji di panggilin guru ngaji doang ke rumah. gak pernah pake baju muslim bagus2 gitu. yang ada cuma pake kerudung ma sarung doang. heheeh... makanya jadi rada kuper gitu. (tersipu malu ~_~). Pulang dari ngaji si Echa langsung buka2 lagi buku Iqra-nya. emang rajin banget tuh anak. kayaknya beljar mlulu.....gitu. seperti biasa saya suka banget jahilin dia. pas saya datengin, eh dia malah ngasih buku Prestasi ngajinya. pas saya buka..... WOW, SUbhanallah! banyak nilai bagus nya. cukup...cukup....lancar! aduhh kalah lagi deh sayahhh...:( pas dulu masih seumuran ECHA, mana pernah dinilai begitu. kalopun dinilai pasti ngulang mlulu deh ;)) hohoh... (merendah ceritanya!)
salut deh sama Echa. saya emang syang banget sama dia. tapi ga tau kenapa...tiap ketemu rasanya pengen berantemmm mlulu. eh, kalo lagi akur kita malah diolokin lagi. yah, emang kita ditakdirkan untuk saling mendzolimi. semoga jangan ampe gede ajah!
tapi alhamdulillah, skg dah gak terlalu. mungkin saya aja yang gemes sama dia, makanya gatel banget buat jahilin dia. sekarang Echa malah kelihatan lebih innocent aja gitu. dulu pas adek nya blom lahir, ampir tiap minggu minta nginep di rumah saya. eh, sekarang malah gak mau. dia susah pisah ma adeknya. katanya sayang banget. heheh..

satu yang mengejutkan...

selesai saya sholat maghrib, saya liat Echa buka tas saya trus masukkan sesuatu ke dalamnya. sengaja gak saya deketin, biar dia kaget pas mo masukin apa di tas sy. bisa saya tebak, yang dia masukkin itu adalah kertas. tapi ga tau isinya apaan. pas dia dah pergi saya langsung buka tas saya, dan isinya adalah sebuah AMPLOP! langsung saya datengin ECHA, "echa tadi taroh surat di tas dede ya??" sambil malu-malu dia jawab ," iya! tapi dibuka pas di rumah ya! awas kalo enggak." yayaya...

penasaran amat sayahh..
apa sih yang ditulis dia!
pas saya dah dijemput ma ibu, sy bukalah tu surat di mobil..
"maaf ya cha...ga kubuka dirumaH! abisnya aku penasaran ma apa yang kamu tulis..heheh", gumam sy dalam hati.

sbelum buka tu surat saya cerita ma ibu saya kalo si echa bikin surat wat sayahh...
huahaha..surprise! isinya gini...


" Untuk : Deasi
Dari : Cinderella

Apa kabar Deazi Permata Sari ?
Dede, katain bude dong nanti kalo aku sudah besar,
aku punya rumah istana ada tamannya. Baru itu ada
bunganya lagi, ada bunga kamboja lagi"

Wow....surprisingly!
Singkat tapi bermakna..
buat yang lain mungkin biasa aja.
tapi buat saya....
bener2 bikin sy surprise banget.
dan dimobil pun ibu saya tertawa denger saya bacain isi suratnya Echa itu..

aduh...km kok pinter bener sih Cha!
andai ada dia sekarang...mungkin dah sy cium2 kali ya..
itu aseli kata2nya dia. ternyata pddikan TK Nol Kecil 1 tahun dan les aja bisa bikin perkembangan anak meningkat pesat ya. sy gak nyangka klo ada anak umur 5 tahun dah bisa nulis surat. masalahnya kalo dibandingin lagi dengan sy dulu yg superr norak. yg kayak begitu bener2 jauh beda....!!! saya blom bisa ngpa2in umur segitu. wadohh... kalah lagi deh! dan sekarang perasaan saya....LUARRRR BIASA!

kudoakan adekku sayang,
smoga cita2 mu kalo udah gede punya rumah istana plus taman2nya bisa tercapai ya...
biar ibumu yang bla..bla..bla itu bangga sama kamu dek...!
aduh terenyuh akuhh..!
asli,, umur segitu kan........aduh!
so small banget...!
dah bisa nulis suratt...??!
phew...bangganya daku!

tapi sy yakin pasti banyak anak2 lain yg seperti itu di jaman skg.
pendidikan dah maju...
tekhnologi dah maju...
orang2nya juga dah maju...
bayi aja ada yang dah bisa mengoperasikan hp.
fwih...
jauh beda sekali sama yg dahulu!
hwehh..
emang ga ada batasnya kalo ada satu kelompok yg bicarakan masalah ini.
mulai dari pembicaraan bayi, balita, anak2, remaja, dewasa, ampe yang dah ninik2 dan aki2...
ga ada habisnya lah!
semua udah maju dan berkembang...
semua bisa diputarr balik...
semuanya jadi gampang...
yang enggak bisa, bisa jadi bisa (??)
fwihh..
semuanya bersaing!
Subhanallah dunia sekarang ini.
semoga kita gak termakan oleh keduniawian in yach!
karna pada akhirnya kita semua bakal balik lagi ke tempat asal..alias meninggal (kata bu dorce tadi pagi :p)

begitulahh...
smoga keadaaan dunia seiring perkembangannya, semakin baik pula semua yang ada didalamnya...
amin!

dan untuk ECHA, slalu kodoakan yg terbaik untukmu sayangku..

btw, bisa lihat klip nya echa disini










0 komentar:

who's me?

My photo
Balikpapan, East Kalimantan, Indonesia
Ordinary person yang masih belajar tentang arti kesetiaan, cinta dan persahabatan. sedang memasuki dunia binal yang kadang romantis dan tragis. berusaha untuk humoris namun menjadi garing (?) selalu bersikap melankolis tapi berakhir dengan dramatis... 6 tahun lalu menjadi seorang intelektualis, 3 tahun lalu sebagai spiritualis..entah tahun ini mungkin menjadi seorang yang emosionalis dan kritis.

Melankolism

Jika suatu hari nanti akan kutemui jalan yang begitu curam bersama gelombang yang menghadang. akan kulintasi suatu tepian air mata yang pelupuknya masih merah membara. bersamanya tak tampak sedikitpun kilau cahaya. biru langit yang masih
menendangku ke arah sinar matahari mencengkram erat kedua tanganku. hingga aku terpantul lagi ke bumi. Lalu akankah bumi menerima ku kembali??

ngobrol.dulu